PENGARUH OPINI AUDITOR DAN JUMLAH KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY DENGAN AUDITOR SWITCHING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN, JASA DAN INVESTASI YANG TERDAFTAR PADA INDEKS SAHAM SYARIAH TAHUN 2011-2020)

Dila Anindya Irene (2023), PENGARUH OPINI AUDITOR DAN JUMLAH KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY DENGAN AUDITOR SWITCHING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN, JASA DAN INVESTASI YANG TERDAFTAR PADA INDEKS SAHAM SYARIAH TAHUN 2011-2020) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh opini auditor dan jumlah komite audit terhadap audit delay dan auditor switching sebagai variabel intervening pada perusahaan perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di indeks saham syariah pada tahun 2011-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perdagangan,jasa dan investasi yang terdaftar di indeks saham syariah pada tahun 2011-2020 dan mendapatkan sampel sebanyak 9 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji analisis jalur dan uji sobel dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science) sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menyatakan opini auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching. Jumlah komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching. Auditor switching tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Opini auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Jumlah komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Selanjutnya opini auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay melalui auditor switching. Jumlah komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay melalui auditor switching.

Kata kunci : Opini Auditor, Jumlah Komite Audit, Auditor Switching dan Audit Delay.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dila Anindya Irene
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 01-02-2023 15:02
Terakhir diubah : 14-02-2023 10:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3731
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!