PENGARUH ALOKASI PAJAK ANTAR PERIODE, RETURN ON ASSET DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN JASA SEKTOR INFRASTRUKTUR, UTILITAS DAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BEI

Trisna Novrianti Pratiwi (2023), PENGARUH ALOKASI PAJAK ANTAR PERIODE, RETURN ON ASSET DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN JASA SEKTOR INFRASTRUKTUR, UTILITAS DAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BEI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari alokasi pajak antar periode, return on asset, dan komite audit terhadap kualitas laba pada perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di BEI. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2020. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan hasil sampel penelitian sebanyak 18 perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan Alokasi Pajak Antar Periode, Return On Asset, dan Komite Audit berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laba. Secara parsial, Alokasi Pajak Antar Periode dan Return On Asset berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Kualitas Laba. Sedangkan Komite Audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Laba. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu terbatasnya informasi dalam laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi periode 2016-2020 sehingga hanya 18 perusahaan yang dapat dijadikan sampel penelitian. Model penelitian ini relatif sederhana hanya menggunakan 3 variabel independen yaitu alokasi pajak antar periode, return on asset dan komite audit serta 1 variabel dependen yaitu kualitas laba. Kemudian penelitian ini hanya menggunakan satu proksi untuk mengukur setiap variabel.

Kata kunci : Kualitas Laba; Alokasi Pajak Antar Periode; Return On Asset; Komite Audit

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Trisna Novrianti Pratiwi
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 01-02-2023 15:01
Terakhir diubah : 08-02-2023 14:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3729
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!