PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV.ASD NEGERI 2 KEBUN LAMATAHUN PELAJARAN2021/2022

Enelta Dian Filma (2022), PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV.ASD NEGERI 2 KEBUN LAMATAHUN PELAJARAN2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik kelas IVA SD Negeri 2 Kebun Lama tahun pelajaran 2021/2022, yakni 7 siswa (28,57%) tuntas dan 20 siswa (71,42%) belum tuntas dari KKM 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui model Guided Discovery Learning pada pembelajaran tematik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk aktivitas siswa dan kinerja guru serta tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa siklus I 66,66% (kategori baik), dan siklus II 92,59% (kategori sangat baik).

Kata kunci : Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Enelta Dian Filma
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 30-01-2023 11:17
Terakhir diubah : 17-02-2023 15:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3710
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!