PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Dhea oktavia pratiwi (2023), PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia periode tahun 2011-2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh perusahaan yang tergabung dalam perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik pemilihan sampel yaitu purposive sampling sebanyak 13 data perusahaan makanan dan minuman. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas serta uji autokorelasi dan uji hipotesis seperti uji regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji R2 menggunakan SPSS sebagai alat analisis. Hasil persamaan regresi linier berganda adalah Y = -3,326 + 22,854 X1 + 1,086 X2 + 0,175 X3. Dengan nilai Fsign 0,0000 <0,05 berarti bahwa secara parsial maupun simultan profitabilitas struktur modal dan keputusan investasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini sederhana hanya menggunakan tiga variabel independen dan hanya diproksikan oleh satu pengukuran pada setiap variabel.

Kata kunci : profitabilitas, struktur modal, dan nilai perusahaan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dhea oktavia pratiwi
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 27-01-2023 11:57
Terakhir diubah : 20-02-2023 10:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3704
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!