SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES (STUDI KASUS: DI KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL)

Nurliana Dalimunthe (2023), SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES (STUDI KASUS: DI KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hama tanaman padi dapat dengan cepat menyerang dan menyebar pada tanaman padi. Sebenarnya setiap hama tanaman belum mencapai tahap yang lebih parah dan meluas umumnya menunjukkan gejala-gejala hama yang dialami akan tetapi, banyaknya petani padi dan minimnya pengetahuan tentang hama dan cara penanganan hama padi menyebabkan kerusakan pada padi dan hasil panen padi menjadi menurun dan menganggap gejala tersebut sudah biasa terjadi pada masa tanam, sampai timbul gejala yang sangat parah dan meluas, sehingga sudah terlambat untuk dikendalikan atau diagnosa. Jenis hama yang diambil peneliti yaitu ada 6 jenis hama dengan 29 gejala dan gambar gejalanya dan 6 pencegahan atau solusi. Untuk itu peneliti membuat sistem pakar diagnosa hama pada tanaman padi menggunakan metode Teorema Bayes. Metode Teorema Bayes yaitu metode perhitungan yang menentukan presentase nilai  kerusakan atau kepastian hama padi, dengan petani yang melakukan konsultasi gejala-gejala yang berbeda serta penanggulangan, solusi atau langkah yang dilakukan petani untuk mencegah hama yang terserang tanaman padi. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil dengan melakukan percobaan 30 data uji petani dari 30 data petani terlihat tanaman padi terserang hama Orong-orong sebanyak 20 petani yang konsultasi dengan nilai akurasi tertinggi sebesar 66,67%. Yang menyebabkan jika terlambat untuk di diagnosa, serta pencegahan atau solusi yang harus ditangani secepat mungkin agar tidak terjadi hasil panen menurun, puso atau gagal panen yang akan merugikan petani tersebut. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu petani dalam mendiagnosa hama tanaman padi secara digital beserta presentasi nilai  kerusakan atau kepastian hama atau penyakit padi serta cara pencegahan, solusi atau langkah yang harus dilakukan para petani terhadap hama yang terserang padi. Sehingga informasi dan solusi yang dihasilkan sesuai dengan seseorang ahli pakar pertanian.

Kata kunci : Sistem Pakar, Hama Tanaman Padi, Teorema Bayes

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurliana Dalimunthe
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2023)
Tanggal disimpan : 27-01-2023 10:16
Terakhir diubah : 21-02-2023 11:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3699
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!