Pencarian
PENGGUNAAN MODEL CS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 056028 LUBUK KERTANG
Jeni Salaswati (2023),
PENGGUNAAN MODEL CS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 056028 LUBUK KERTANG. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 056028 Lubuk Kertang. Berdasarkan hasil tindakan pra siklus yang telahdilaksanakan, dari 10 siswa, hanya ada 4 siswa yang tuntas pada pembelajaran tematik. Adapun rumusan masalah yang diambil pada penelitian ini yaitu Apakah penggunaan model cooperative cript pada pembelajaran tematik sub tema 1 Indanya Kebersamaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 056028 Lubuk Kertang Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui penggunaan model cooperative scrift pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 056028 Lubuk Kertang. Metode yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model PTK dari Kemmis yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi ( reflecting). Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 056028 Lubuk Kertang yang terdiri dari 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, tes dan non tes (penilaian diri) Hasil penelitian dengan penggunaan model cooperative scrift yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar aspek kognitif yaitu sebesar 62,25, untuk aspek afektif yaitu sebesar 68,5 dan aspek psikomotor sebesar 79,37. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pada aspek kognitif sebesar 71, aspek afektif sebesar 75,5 dan psikomotor sebesar 87,49. Dan pada siklus III kembali mengalami peningkatan yaitu pada asfek kognitif sebesar 80,66, pada aspek afektif sebesar 84,05 dan psikomotor 96,31. Disarankan kepada kepala sekolah untuk dapat memfasilitasi guru dalam pengembangan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, kepada guru juga diharapkan selalu menggunakan model pembelajaran yang aktif dan inovatif, sedangkan kepada siswa agar selalu mengikuti pembelajaran dengan disiplin dan aktif.
Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Scrift, Hasil BelajarFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Jeni Salaswati |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : PGSD (2023) |
Tanggal disimpan | : 25-01-2023 12:26 |
Terakhir diubah | : 01-03-2023 11:34 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2023 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3691 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |