KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTS SWASTA GEUDUBANG ACEH MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK UNSUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS DRAMA YANG DITULIS DENGAN MEMAHAMI CONTOH NASKAH DRAMA

Mardhatillah (2023), KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTS SWASTA GEUDUBANG ACEH MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK UNSUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS DRAMA YANG DITULIS DENGAN MEMAHAMI CONTOH NASKAH DRAMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas VIII MTs Swasta Geudubang Aceh Mengidentifikasi Karakteristik Unsur dan Kaidah Kebahasaan dalam Teks Drama yang Ditulis dengan Memahami Contoh Naskah Drama.” Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas VIII MTs Swasta Geudubang Aceh mengidentifikasi karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang ditulis dengan memahami contoh naskah drama. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan yang dimiliki oleh siswa MTs Swasta Geudubang Aceh mengidentifikasi karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang ditulis dengan memahami contoh naskah drama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Geudubang Aceh dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Geudubang Aceh yang berjumlah 94 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu teknik tes berupa tes uraian dengan memberikan media naskah drama dan lima soal kepada siswa untuk dikerjakan. Teknik analisis data menggunakan rumus mean untuk mencari nilai rata-rata. Penilaian yang peneliti lakukan menggunakan 5 aspek penilaian yaitu (1) menentukan tema sesuai dengan isi cerita memperoleh nilai rata-rata 63,25 termasuk dalam kategori cukup, (2) menentukan tokoh dan penokohan dalam cerita memperoleh nilai rata-rata 69,35 termasuk dalam kategori cukup, (3) menentukan latar/setting dalam cerita memperoleh nilai rata-rata 66,15 termasuk dalam kategori cukup, (4) menentukan alur cerita memperoleh nilai rata-rata 67 termasuk dalam kategori cukup, (5) menentukan kaidah kebahasaan teks drama memperoleh nilai rata-rata 64 termasuk dalam kategori cukup. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII MTs Swasta Geudubang Aceh dalam mengidentifikasi karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang ditulis dengan memahami contoh naskah drama adalah 66. Nilai tersebut sudah termasuk kedalam kategori cukup.

Kata kunci : Mengidentifikasi, Unsur Kaidah Kebahasaan, Teks Drama, MTs Swasta Geudubang Aceh

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mardhatillah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia (2023)
Tanggal disimpan : 24-01-2023 16:08
Terakhir diubah : 09-03-2023 12:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3687
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!