PENGUKURAN KINERJA GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (GSCM) MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERACHY PROCESS (AHP) UNTUK MENGURANGI DAMPAK LINGKUNGAN DI PT. TRI AGRO PALMA TAMIANG

Mery Andani Pangaribuan (2023), PENGUKURAN KINERJA GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (GSCM) MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERACHY PROCESS (AHP) UNTUK MENGURANGI DAMPAK LINGKUNGAN DI PT. TRI AGRO PALMA TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PT. Tri Agro Palma Tamiang merupakan salah satu perusahaan di Aceh Tamiang yang bergerak dibidang pengolahan hasil kelapa sawit. Masalah yang dialami adalah banyak limbah yang dikeluarkan dari proses produksi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Mengukur nilai kinerja Green Supply Chain Management (GSCM) dan meningkatkan Kinerja Green Supply Chain Management (GSCM) di PT. Tri Agro Palma Tamiang. Green Supply Chain Management (GSCM) adalah suatu konsep pengukuran kinerja keberlanjutan yang mengitegrasikan aspek-aspek lingkungan ke dalam aliran rantai pasok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analitycal Hierachy Process (AHP), AHP merupakan metode yang digunakan untuk mengukur bobot setiap variabel kinerja Green Supply Chain Management (GSCM). Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh nilai kinerja GSCM di PT.Tri Agro Palma Tamiang yaitu: green procurement: 10,55, green manufacturing: 14,92, green distribution: 26,29, dan reverse logistic: 37,60. Usulan perbaikan untuk meningkatkan kinerja green procurement yaitu: meningkatkan keakuratan permintaan, hanya menerima supplier yang memiliki sertifikat ramah lingkungan, meningkatkan persediaan TBS, meningkatkan proses pengolahan limbah dan meningkatkan kualitas TBS.


 


 

Kata kunci : analytical hierachy proces, green supply chain management, pengukuran kinerja.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mery Andani Pangaribuan
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 24-01-2023 10:20
Terakhir diubah : 20-02-2023 09:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3686
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!