ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KAMPUNG DALAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PUTRI BALQIS SITORUS (2019), ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KAMPUNG DALAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK


Perangkat pembelajaran diperlukan untuk Guru dalam melakukan proses
pembelajaran, perangkat pembelajaran meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, LKS, Tes Hasil Belajar, Media Pembelajaran, dan Buku Siswa.
Dari keseluruhan perangkat pembelajaran tersebut Guru harus mempunyai RPP
sebagai pedoman pembelajaran, adapun RPP yang dimaksud harus mengacu pada
Permendikbud No. 22 tahun 2016.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
bagaimana kesesuaian pengembangan RPP yang telah dibuat oleh Guru kelas
rendah di SD Negeri Kampung Dalam, Kec. Karang baru, Kab. Aceh Tamiang
dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif murni atau
survey. Populasi dalam penelitian ini meliputi RPP Guru kelas I sampai kelas VI
di SD Negeri Kampung Dalam Kec. Karang baru, Kab. Aceh Tamiang. Sampel
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain perangkat pembelajaran
khususnya RPP Guru kelas rendah yang mengikuti format dari Permendikbud
No. 22 tahun 2016 yang telah dibuat Guru untuk menciptakan kegiatan
pembelajaran yang berkualitas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
berupa pencatatan dokumen wawancara dan observasi. Teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah RPP Guru yang tidak sesuai
dengan komponen-komponen yang ada pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016
sebanyak 25 RPP, dimana Guru tidak mencantumkan materi pokok, jumlah tatap
muka pembelajaran, indikator pembelajaran, degree pada tujuan pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran dan penskoran pada penilaian. Penulis
menyarankan kepada Kepala Sekolah SD Negeri Kampung Dalam selaku
pengawas Sekolah agar selalu mengadakan kegiatan pelatihan kepada Guru,
khususnya untuk pelatihan pembuatan RPP yang sesuai dengan Permendikbud
No. 22 Tahun 2016. Untuk seluruh Guru SD Negeri Kampung Dalam, khususnya
pada kelas rendah diharapkan dalam merancang RPP dapat melengkapi
komponen-komponen penyusunan RPP yang terdapat dalam Permendikbud No.
22 Tahun 2016. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat meneliti
bukan hanya RPP Guru, tetapi seluruh perangkat pembelajaran pada kelas rendah.


 

Kata kunci : Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, RPP.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : PUTRI BALQIS SITORUS
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2019)
Tanggal disimpan : 21-02-2020 15:58
Terakhir diubah : 21-02-2020 15:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=368
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!