MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 057234 TEPIAN MERAWAN

Ridha Amrina (2023), MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 057234 TEPIAN MERAWAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa yang disebabkan faktor-faktor seperti guru masih kurang memberikan akses untuk perkembangan berpikir kreatif siswa, sehingga siswa kesulitan mengeluarkan ide atau gagasan yang berbeda dari pikiran mereka dan membuat siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan metode mind mapping pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 057234 Tepian Merawan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan penelitian yang memaparkan terjadinya sebab-akibat dari perlakuan dan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak dari perlakuan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang diambil berupa pengamatan kegiatan guru dan siswa serta penilaian keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan metode mind mapping. Hasil keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan metode mind mapping mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I terdapat 8 siswa pada kategori “Cukup” dan 15 siswa pada kategori “Kreatif” dengan rata-rata 74 dan pada siklus II meningkat yaitu terdapat 16 siswa pada kategori “Kreatif” dan 7 siswa pada kategori “Sangat Kreatif” dengan rata-rata 88. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pihak sekolah agar terus mendukung dan memfasilitasi proses pembelajaran, untuk guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran yang sesuai dan menarik salah satunya metode mind mapping, untuk siswa yang masih kesulitan pada proses pembelajaran hendaknya lebih bersemangat dan belajar secara maksimal dan diharapkan kepada peneliti selanjutnya bisa digunakan sebagai referensi, perbandingan serta landasan penelitian selanjutnya.

Kata kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Metode Mind Mapping

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ridha Amrina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 17-01-2023 11:07
Terakhir diubah : 07-02-2023 11:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3666
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!