PENERAPAN METODE CONTENT BASED FILTERING PADA SISTEM REKOMENDASI PRODUK SPAREPART KENDARAAN SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS UD. EMPAT SENINE)

M. Almy (2023), PENERAPAN METODE CONTENT BASED FILTERING PADA SISTEM REKOMENDASI PRODUK SPAREPART KENDARAAN SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS UD. EMPAT SENINE) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam   perawatan   sepeda   motor   diperlukan   ketepatan  analisa  pengerjaan  dan  suku  cadang  yang  sesuai  untuk memperbaiki  motor. Pada UD empat senine servis merupakan toko yang menjual suku cadang sepeda motor, toko ini berada di Kabupaten Aceh Tenggara. Sistem penjualan dan pemasaran produk sparepat sepeda motor di Toko empat senine sampai sekarang dilakukan secara konvensional. Masalah ini menyebabkan kurang optimalnya omset yang diperoleh toko akibat dari jumlah transaksi produk yang tidak terlalu sering pada setiap harinya. Permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan berbagai cara, satu di antaranya dengan membangun aplikasi berbasis web dengan menggunakan metode content based filtering pada sistem rekomendasi produk. Content Based Filtering merupakan metode dalam sistem rekomendasi yang mampu menghasilkan sebuah rekomendasi berdasarkan content/atribut yang terkait dengan item lain yang dibandingkan. Karakteristik sistem rekomendasi produk sparepart kendaraan sepeda motor menggunakan content based filtering pembobotan TF-IDF dengan perhitungan precision menghasilkan tingkat keakuratan sebesar 82,14% dengan menggunakan 10 sampel produk. Dimana menunjukkan kemampuan sistem dalam mencari atau memberikan rekomendasi berdasarkan kemiripan dari data yang dimiliki oleh nama produk.

Kata kunci : Rekomendasi, Content-Based Filtering, Produk Sepeda Motor

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. Almy
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2023)
Tanggal disimpan : 12-01-2023 15:43
Terakhir diubah : 30-03-2023 14:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3649
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!