EFEKTIVITAS DOSIS HORMON TIROKSIN YANG BERBEDA TERHADAP KINERJA PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS)

Riski Nogo Putro (2023), EFEKTIVITAS DOSIS HORMON TIROKSIN YANG BERBEDA TERHADAP KINERJA PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN DEPIK (RASBORA TAWARENSIS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan Depik (Rasbora tawarensis) adalah ikan yang merupakan salah satu spesies endemik yang ada di Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Ikan khas masyarakat Gayo ini mulai hangat di perbincangkan akibat tingginya penangkapan ikan Depik, hal ini mengakibatkan keberadaannya mulai terancam punah. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk menguji perbedaan dosis hormon tiroksin terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan Depik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 04 Maret hingga 31 Maret 2022 di BBI Lukup Badak, Aceh tengah. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Yang terdiri dari 4 perlakuan 3 ulangan. Analisis Data menggunakan uji ANOVA. Apabila berpengaruh nyata maka dilanjutkan uji nyata Duncan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu perbedaan dosis hormon tiroksin memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak, panjang mutlak dan laju pertumbuhan harian, efisiensi pakan dan kelangsungan hidup benih ikan Depik. Perbedaan dosis hormon tiroksin terbaik terhadap pertumbuhan benih ikan Depik terdapat pada perlakuan P3 dengan dosis 0,15 mg/L dan paling rendah pada perlakuan P0 dengan perlakuan (Tanpa Perlakuan).

Kata kunci : Hormon tiroksin, Ikan Depik (Rasbora tawarensis), kelangsungan hidup, perbedaan dosis dan pertumbuhan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Riski Nogo Putro
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 12-01-2023 10:36
Terakhir diubah : 03-02-2023 09:37
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3646
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!