PENGARUH DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LANGSA

Sonia (2023), PENGARUH DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Didactical Design Research adalah desain pembelajaran yang memperhatikan hubungan siswa dengan guru, hubungan siswa dengan materi pelajaran serta hubungan guru dengan materi pelajaran. Didactical Design Research memungkinkan guru untuk dapat mengembangkan materi pelajaran sehingga tidak hanya bertumpu pada buku guru dan buku siswa. Materi pelajaran yang ada pada buku guru dan buku siswa sehingga siswa tidak dapat menggali pengembangan materi pelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba menggunakan Didactical Design Research untuk melihat pengaruh tergadap hasil belajar kognitif siswa pada SD Negeri 3 Langsa.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode ekperimen jenis Pre-Experimental Design tipe one-shot Case Study. Penelitian ini dilakukan di kelas V-A SD Negeri 3 Langsa pada tema 1 subtema 1 dan pembelajaran 2. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 3 Langsa yang berjumlah 22 orang. Penetuan sampel menggunakan sampe jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh Didactical Design Research terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan memperoleh nilai sebesar 6,517>2079. Hasil perhitungan uji hipotesis tersebut menggunakan taraf signifikan 0,05 di dapat thitung>ttabel. Oleh karena itu dapat disimpulkan Ha pada penelitian ini diterima sedangkan Ho ditolak.
Dalam proses pembelajaran disarankan kepada guru dapat mengembangkan inovasi pembelajaran dengan mengembangkan materi pelajaran yang memungkinkan siswa menggali pengetahuan yang belum diketahuinya. Selanjutnya diharapkan bagi peneliti lain dapat menggunakan penelitian ini sebagai strudi pembanding untuk penelitian selanjutnya.

Kata kunci : Didactical Design Research (DDR), Hasil Belajar.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sonia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 11-01-2023 15:36
Terakhir diubah : 24-02-2023 16:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3640
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!