PENGARUH LAMA PERENDAMAN EKSTRAK DAUN MAHONI (SWIETENIA MAHAGONI) UNTUK PENGOBATAN PARASIT ARGULUS SP. PADA BENIH IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO)

RAMAYANTI (2023), PENGARUH LAMA PERENDAMAN EKSTRAK DAUN MAHONI (SWIETENIA MAHAGONI) UNTUK PENGOBATAN PARASIT ARGULUS SP. PADA BENIH IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan mas (Cyprinus carpio) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan dan memiliki banyak keunggulan salah satunya yaitu pertumbuhannya yang cepat, mudah dipelihara, memiliki nilai gizi dan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Permasalahan yang sering dihadapi dalam usaha budidaya ikan mas adalah munculnya serangan penyakit yang dapat menyebabkan menurunnya tingkat produksi ikan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui waktu lama perendaman ekstrak daun mahoni untuk pengobatan parasit Argulus sp. pada benih ikan mas. Hasil dari penelitian ini, perlakuan waktu perendaman terbaik adalah pada perlakuan (P3) yaitu 24 jam, dan yang terendah pada perlakuan (P0) yaitu tanpa perendaman ekstrak daun mahoni. Persentase kelulus hidupan yang tertinggi terdapat pada perlakuan (P3) yaitu sebanyak 100%, dan yang terendah pada perlakuan (P0) sebanyak 33,33%. Parameter kualitas air cukup baik untuk ikan uji, hasil pengukuran kualitas air pada penelitian ini adalah Suhu 25- 28oC, pH 6- 9 dan Oksigen Terlarut 7- 9.

Kata kunci : Ekstrak Daun Mahoni, Benih Ikan Mas, Argulus sp.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RAMAYANTI
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 10-01-2023 21:16
Terakhir diubah : 02-08-2023 09:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3634
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!