ANALISIS PERILAKU MORAL DALAM BUKU “ANAK JUGA MANUSIA” KARYA ANGGA SETYAWAN

Ismi Mawardah (2022), ANALISIS PERILAKU MORAL DALAM BUKU “ANAK JUGA MANUSIA” KARYA ANGGA SETYAWAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini di latarbelakangi oleh pentingnya perilaku moral seseorang. Sebagian dari anak perilakunya tidak sesuai dengan harapan orang tua seperti meniru ujaran kebencian, berbicara kurang sopan, senang meniru adegan kekerasan bahkan meniru perilaku orang dewasa yang belum semestinya dilakukan anak-anak. Anak akan belajar untuk pertama kalinya melalui orang terdekatnya yaitu orang tua. Orang tua memiliki tanggung jawab dalam proses perkembangan anak kearah yang lebih baik. Oleh sebab itu penulis tertarik menganalisis Perilaku Moral dalam Buku “Anak Juga Manusia” Karya Angga Setyawan”.


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku moral dalam buku “Anak Juga Manusia” Karya Angga Setyawan.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Objek dalam penelitian ini adalah perilaku moral. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan yang terakhir analisis data.


Hasil dari penelitian ini ialah terdapat 2 aspek yaitu kompetensi dan keinginan, sedangkan untuk aspek kebiasaan tidak ditemukanya data. Umumnya hanya menjelaskan 1 aspek yaitu kompetensi. Pada aspek kompetensi terdapat 3 indikator 1)Memahami dengan baik terkait konflik yang terjadi (1.kom.a) terdapat sebanyak 18 data, 2)Mengusahakan solusi yang dapat diterima (1.kom.b) terdapat sebanyak 31 data, 3)Melaksanakan tindakan yang efektif (1.kom.c) terdapat sebanyak 2 data. Pada aspek keinginan hanya terdapat 1 indikator yakni Menjaga emosi dibawah kendali pemikiran (2.kei.1) terdapat sebanyak 2 data.


Saran yang dapat diberikan kepada orang tua ialah diharapkan dapat menjadi madrasah utama bagi anak. Memperbanyak lagi belajar dalam hal mendidik anak seperti membaca buku-buku parenting, mengikuti seminar parenting, dan lain sebagainya.

Kata kunci : perilaku moral, orang tua, buku parenting

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ismi Mawardah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 10-01-2023 10:49
Terakhir diubah : 10-01-2023 11:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3628
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!