SISTEM MONITORING PEMBERIAN PAKAN PADA IKAN MAS BERBASIS INTERNET OF THINGS

Sukri hardi said (2023), SISTEM MONITORING PEMBERIAN PAKAN PADA IKAN MAS BERBASIS INTERNET OF THINGS. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Keteraturan pemberian pakan sebagai kebutuhan ikan untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik inilah yang sering dilupakan oleh pemelihara ikan itu sendiri. sistem pemberian pakan ikan yang masih berorientasi pada sumber daya manusia yang sifatnya manual dilakukan pembudidaya ikan dengan menebar
pakan pada sisi kolam ikan. Kelemahan sistem ini yaitu pemberian pakan tidak dilakukan secara teratur karena pembudidaya ikan tidak selalu berada di lokasi kolam secara langsung dan kurang pedulinya pembudidaya terhadap kualitas air seperti pH air dan suhu air. Oleh sebab itu, perlu penerapan dalam sistem yang bertujuan dapat memantau kondisi kolam ikan secara otomatis dan memberikan data pemantauan keadaan kolam ikan berupa derajat keasaman (pH) dan suhu air. Sistem melakukan pemberian pakan ikan secara otomatis pada kolam ikan. Proses monitoring suhu dan pH berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan MQTT sebagai media komunikasi antara sensor suhu, sensor pH dan ESP8266 dengan device client (Smartphone/PC).Hasil penelitian menunjukan bahwa ikan mas pada menghasilkan kelangsungan hidup dengan persentase tinggi sebesar 80% dengan rentang waktu 10 (sepuluh) hari kedua ikan mas mati terhitung 1 (satu) ekor, dan 10 (sepuluh) hari ke 3 (tiga) terhitung 5 (lima) ekor. dan bahwa ikan mas menunjukkan laju pertumbuhan bobot berat ikan mas sebesar 37-40 (gr) dan pertumbuhan Panjang ikan sebesar ±200 Mm per 10 (sepuluh) hari. Berdasarkan pengujian pengiriman data sensor suhu dan pH ke perangkat smartphone yang dilakukan beberapa pengujian selama penelitian mendapatkan rata-rata nilai pH 7.32 dan rata-rata suhu mendapatkan 30.2°, suhu air mengalami peningkatan pada siang hari jam 11:30 wib hingga 15:30 wib dengan puncak suhu tertinggi di 31.7° dan suhu terendah yaitu 29.0° sedangkan data sensor pH rata rata mengalami peningkatan tingkat pH pada sore hari dengan nilai pH tertinggi di 8.03 dan terendah nilai pH pada 7.00.

Kata kunci : Internet of Things, MQTT, ESP8266, Sensor pH, Sensor suhu.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sukri hardi said
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2023)
Tanggal disimpan : 06-01-2023 11:33
Terakhir diubah : 19-01-2023 15:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3609
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!