PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN 3 LANGKAT.

Wulandari (2022), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN 3 LANGKAT.. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajran kooperatif Make a Match merupakan model pembelajaran mencari pasangan antara kartu soal dan kartu jawaban dalam suasana yang menyenangkan, proses belajar dengan suasana menyenangkan membantu peserta didik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif Make a Match untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 3 Langkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 4 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan tes untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik, uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Make a Match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dimana thitung>ttabel yaitu 10,885 >1,994 dan ada pengaruh  model pembelajaran kooperatif Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimana thitung>ttabel yaitu 5,595>1,994 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci : Model Pembelajaran Make a Match, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wulandari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 04-01-2023 11:58
Terakhir diubah : 24-01-2023 10:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3601
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!