PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMA NEGERI 2 LANGSA

Risauli J Sihite (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMA NEGERI 2 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pembelajaran Probing Prompting merupakan pembelajaran dengan menyajikan serangkaian pertayaan yang sifatnya menuntut dan menggali gagasan siswa sehingga siswa dapat berpikir aktif dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari.Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dan Seberapa besar peningkatannya dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting pada materi Eksistem di kelas X IPA di SMA Negeri 2 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA di SMA Negeri 2 Langsa yaitu sebanyak 4 kelas, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas Eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas control, dengan jumlah keseluruhan siswa 46 siswa. Instrument yang digunakan adalah soal tertulis berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Analisis data digunakan dengan uji hipotesis menggunakan rumus Ngain score. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan probing prompting pada materi ekosistem di kelas X IPA di SMA Negeri 2 Langsa dengan nilai Ngain score 65,09 % dengan kategori sedang dalam tafsiran cukup efektif.

Kata kunci : Model Probing Prompting, Peningkatan Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Risauli J Sihite
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2023)
Tanggal disimpan : 02-01-2023 17:08
Terakhir diubah : 07-01-2023 08:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3548
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!