PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIK) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LANGSA

Aufa Rindu Purnama (2022), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIK) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan suatu proses upaya manusia dalam memperluas pengetahuan yang dimilikinya. Model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) merupakan model pembelajaran yang tidak hanya memfokuskan pada 1 sensorik saja tetapi menggunakan 3 sensosrik yaitu melihat, mendengar dan bergerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (Visualization Auditory Kinestetic) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Langsa, dan didapat 2 kelas dengan cara simple random sampling sebagai sampel penelitian, XI MIA 7 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI MIA 8 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji T (Independent Sampel T Test). Berdasarkan hasil penelitian pada motivasi belajar sebesar thitung > ttabel 3,60 > 1,994 dengan taraf signifikan 0.05 dan hasil penelitian pada hasil belajar sebesar thitung > ttabel 5,546 > 1,994 dengan taraf signifikan 0,05. Oleh karena itu, hipotesis dapat diterima. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini adanya pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah di SMA Negeri 1 Langsa

Kata kunci : Model Pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetik), Motivasi Belajar, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Aufa Rindu Purnama
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 02-01-2023 17:03
Terakhir diubah : 18-01-2023 10:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3546
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!