Pencarian
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN 1 LANGSA
Dwi Mutia Sari (2022),
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TERHADAP
AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA
MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN 1 LANGSA
. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Metode praktikum adalah metode yang membuat siswa secara langsung
terlibat sendiri dalam melakukan dan mengikuti suatu proses mengamati,
menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan tentang suatu obyek.
Sehingga keterampilan proses sains dalam pembelajaran dapat diajarkan dan
dilatihkan melalui kegiatan eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh metode pembelajaran praktikum terhadap aktivitas dan
keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem di kelas X IPA MAN 1
Langsa. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 2 dengan jumlah 24 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 dengan jumlah 25 siswa kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yaitu True Eksperimental Design,
Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan lembar
observasi dan dokumentasi dan analisa data menggunakan uji T. Hasil dari
penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh metode pembelajaran praktikum terhadap
aktivitas dan keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem di kelas X IPA MAN
1 Langsa secara signifikan dengan nilai aktivitas sebesar 2,438 > 1,677 dan
keterampilan proses sains sebesar 4,174 > 1,677.
File ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Dwi Mutia Sari |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Biologi (2022) |
Tanggal disimpan | : 02-01-2023 16:39 |
Terakhir diubah | : 25-01-2023 09:58 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2022 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3542 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |