REDESAIN KEMASAN GARAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI SABOH HATE, KUALA IDI CUT, ACEH TIMUR)

Dian Saputra (2023), REDESAIN KEMASAN GARAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI SABOH HATE, KUALA IDI CUT, ACEH TIMUR). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari Kemasan garam yang diinginkan konsumen pada Kelompok Tani Saboh Hate melalui redesain kemasan. Lokasi penelitian dilakukan pada kelompok Tani Saboh Hate berada di Kecamatan Darul Aman, Desa Kuala Idi Cut, Dusun Aron Muda, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Metode yang digunakan uji statistik dan Quality Function Deployment (QFD). Tahap penelitian meliputi observasi dan wawancara melalui kuesioner serta mengolah data melalui uji statistik, SPSS 20 dan House of Quality (HOQ). Hasil menunjukkan karakteristik dari kemasan garam yang diinginkan konsumen berdasarkan hasil bobot relative meliputi informasi yang diperlukan untuk kemasan garam diantaranya berat, merk dan logo halal dengan nilai 28,28 %, bahan dan model kemasan garam yang digunakan adalah plastik bening biasa dengan nilai 24,27 %, warna desain kemasan garam yang diinginkan adalah biru dengan nilai 23,71 serta ukuran kemasan garam yang diinginkan konsumen umumnya adalah kemasan yang berukuran 250 g dengan nilai 23,71 %.

Kata kunci : Quality Function Deployment (QFD), Redesain kemasan, House of Quality (HOQ)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dian Saputra
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 09-12-2022 11:20
Terakhir diubah : 14-02-2023 10:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3534
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!