ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU (RAW MATERIAL INVENTORY) UBI KAYU DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA INDUSTRI K ERIPIK CINTA MAS HENDRO

Tiara egya dwica (2023), ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU (RAW MATERIAL INVENTORY) UBI KAYU DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA INDUSTRI K ERIPIK CINTA MAS HENDRO. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Secara umum pengendalian persediaan bahan baku dihitung dengan melakukan analisis dengan metode Economic Order Quantity (EOQ). Keripik Cinta Mas Hendro merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner cemilan keripik yang cukup besar dan berdiri sejak tahun 2008. Saat ini Keripik Cinta Mas Hendro memiliki tenaga kerja sebanyak 350 orang yang yang pekerjaanya dibagi atas 3 sift. Rata rata produksi pertahunnya adalah 150 ton/bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakan persediaan bahan baku Industri Keripik Cinta Mas Hendro terdiri atas jumlah pembelian yang ekonomis, menganalisis jumlah persediaan pengaman sebelum dilakukan titik pemesanan kembali, dan menganalisis jumlah persediaan maksimal yang dimiliki industri keripik cinta mas hendro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022 dan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan dilakukan sampel secara purposive sampling dengan pendekatan studi kasus.pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas liliefors, EOQ, Safety stock, Re-order point, Maksimum inventory, Total inventory cost dan efisiensi biaya persediaan. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah pembelian yang ekonomis bahan baku ubi kayu pada keripik cinta mas hendro adalah 85.772,98 Kg dengan frekuensi sebanyak 22 kali. Dengan menggunakan metode EOQ nilai safety stock 18.618,99 kg, dan titik pemesanan kembali disaat jumlah mencapai 23.758,79 Kg. Dengan menggunakan metode EOQ total biaya persediaan yang dikeluarkan dapat menjadi efisien dan perusahaan dapat menekan biaya agar lebih rendah lagi.


 

Kata kunci : Bahan Baku, Economic Order Quantity, Pengendaliaan Persediaan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tiara egya dwica
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 06-12-2022 16:45
Terakhir diubah : 09-12-2022 15:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3518
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!