PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMESANAN (STUDI KASUS: SI WAY DELIVERY KOTA LANGSA)

Naufal Noor (2023), PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMESANAN (STUDI KASUS: SI WAY DELIVERY KOTA LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Si Way Delivery merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa pesan antar yang berlokasi di Kota Langsa, Provinsi Aceh. Usaha Si Way Delivery menargetkan 3000 pemesanan dalam 1 bulan. Dari data pemesanan Si Way Delivery pada bulan Januari sampai Desember 2021 mendapatkan rata-rata 2.549 pemesanan, yang artinya jumlah pemesanan Si Way Delivery tidak mencapai target yang sudah ditentukan, hal tersebut merupakan alasan bagi Si Way Delivery untuk membuat strategi agar dapat mengembangkan serta meningkatkan pemesanan pada usaha ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan posisi Si Way Delivery berdasarkan kondisi terkini internal dan eksternal dengan menggunakan matrik IE serta mengetahui usulan strategi pengembangan yang menjadi prioritas untuk meningkatkan pemesanan dengan menggunakan matrik QSPM. Metode yang digunakan adalah Analisis SWOT dan QSPM. Hasil yang diperoleh pada pengolahan matrik IFE didapat nilai sebesar 3,76, matrik EFE sebesar 3,73 dan dari matrik SWOT didapat 12 strategi yang dapat dijalankan. Hal tersebut menempatkan posisi pada matrik IE dikuadran I yang artinya kondisi Si Way Delivery berada pada tahap pertumbuhan dan membangun (growth and build). Hasil penilaian melalui QSPM adalah strategi yang dijadikan prioritas. Dalam hal ini dipilih 3 strategi teratas yang diprioritaskan yaitu, strategi WO-1 dengan total nilai skor TAS sebesar 5,91, strategi SO-1 dengan total nilai skor TAS sebesar 5,62, dan strategi ST-2 dengan total nilai skor TAS sebesar 5,26.

Kata kunci : Matrik IFE, Matrik EFE, Matrik IE, Matrik SWOT, QSPM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Naufal Noor
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 06-12-2022 09:46
Terakhir diubah : 13-03-2023 16:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3510
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!