PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFULL LEARNING TERINTEGRASI WEB

Zia Mursalia (2023), PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFULL LEARNING TERINTEGRASI WEB . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran berbasis joyfull learning terintegrasi web. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE melalui 3 tahapan meliputi (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar wawancara terhadap guru, angket analisis kebutuhan, lembar validasi ahli materi dan media, dan angket respon guru terhadap E-modul. Pada tahap pengembangan dihasilkan produk berupa E-modul berbasis joyfull learning yang di validasi oleh 3 dosen ahli media dan materi, serta 5 angket respon guru terhadap E-modul berbasis joyfull learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan perolehan rata-rata skor keseluruhan aspek oleh ahli media dengan presentase rata-rata 88,88% dan ahli materi dengan persentase rata-rata 88,60% keduanya dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan E-modul yang dihasilkan dinyatakan sangat layak dan mendapat respon guru dengan persentase rata-rata 93% dengan kategori sangat menarik. Jadi berdasarkan ahli media, ahli materi, dan respon guru maka E-modul berbasis joyfull learning pada materi kimia ini layak dan menarik digunakan serta dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Joyfull Learning, Modul Pembelajaran, WEB

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zia Mursalia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 05-12-2022 21:18
Terakhir diubah : 30-01-2024 11:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3509
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!