USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT-AHP (ANALYTIC HIERARCHY PROCESS) (STUDI KASUS DI THE GANTENG BARBER KOTA LANGSA)

Edi Suwandi (2022), USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT-AHP (ANALYTIC HIERARCHY PROCESS) (STUDI KASUS DI THE GANTENG BARBER KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

The Ganteng Barber merupakan salah satu usaha bisnis pangkas rambut
yang ada di Kota Langsa yang didirikan oleh bapak Musliadi, pada tahun 2020
The Ganteng Barber didirikan dan baru berjalan sekitar 1 tahun, beralamat di
jalan Ahmad Yani. Permasalahan yang dialami oleh The Ganteng Barber yaitu
naik turun nya jumlah pelanggan yang memakai jasa The Ganteng Barber setiap
bulan dan tidak tercapainya target yang di rencanakan. Tujuan dalam penelitian
adalah mengindetifikasi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan pada The
Ganteng Barber dan membuat strategi pemasaran untuk meningkatkan sistem
pemasaran. Metode yang digunakan yaitu SWOT dan AHP. Hasil dan
pembahasan terdapat indetifikasi faktor internal dan ekternal perusahaan
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman memiliki bobot skor yaitu kekuatan
(Strenght) 0,240, kelemahan (Weakness) 0,208 Peluang (Opportunity) 0,315 dan
Ancaman (Threats) 0,237. Strategi pemasaran dalam meningkatkan sistem
pemasaran pada The Ganteng Barber yaitu Strategi S-O (Strength-Opportunity)
mempertahankan tenaga kerja berkualitas, Strategi W-O (Weakness-Opportunity)
menjaga kualitas dan hubungan yang baik dengan pelanggan, Strategi S-T
(Strength-Threat) memberdayakan tenaga kerja yang berpengalaman dan Strategi
W-T (Weakness-Threat) Meningkatkan harga harus di sesuaikan dengan kualitas.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan diagram cartesius analisis SWOT,The
Ganteng Barber berada pada kuadran ( I ) dimana kuadran tersebut merupakan
situasi yang menguntungkan perusahaan tersebut dapat memanfatkan kekuatan
untuk membuat peluang yang ada.

Kata kunci :  Metode SWOT, Analytical Hierarchy Process (AHP), Strategi Pemasaran

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Edi Suwandi
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2022)
Tanggal disimpan : 05-12-2022 11:36
Terakhir diubah : 08-12-2022 15:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3502
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!