PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 5 LANGSA

Rani Riska (2022), PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Problem based learning merupakan model yang dapat mengembangkan siswa dalam berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dapat membuat siswa memiliki rasa ingin tahu yang meningkat. Model problem based learning dapat membuat siswa lebih berpikir daripada menghafal, memahami pelajaran yang lebih baik melalui diskusi serta dapat meningkatkan kreativitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan bagaimana hasil dari model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 3 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yaitu quasi experimental design, dan analisa data menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 5 Langsa dimana thitung > ttabel  untuk kemampuan berpikir kritis 8,901 > 2,009 dan hasil belajar 4,821 > 2,009. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 5 Langsa. Melalui model problem based learning diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 78,41 dengan kategori tinggi, dan hasil belajar siswa sebesar 79,05 dengan kategori baik.


 


 

Kata kunci : Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rani Riska
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 28-11-2022 13:15
Terakhir diubah : 02-12-2022 08:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3489
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!