STRATEGI PENERAPAN POLA TANAM BERGILIR PADA KELOMPOK TANI (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI "TARUNA JAYA" DI DESA MATANG SETUI, KECAMATAN LANGSA TIMUR, KOTA LANGSA)

Devi Yanti Rizky (2023), STRATEGI PENERAPAN POLA TANAM BERGILIR PADA KELOMPOK TANI (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI "TARUNA JAYA" DI DESA MATANG SETUI, KECAMATAN LANGSA TIMUR, KOTA LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertempat di Desa Matang Setui, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal dalam penerapan pola tanam bergilir pada kelompok tani Taruna Jaya dan untuk mengetahui prioritas strategi dalam penerapan pola tanam bergilir pada kelompok tani Taruna Jaya. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dimana subjek penelitian adalah kelompok tani Taruna jaya. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif dan analitik dengan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung kepada pihak yang bersangkutan dengan menggunakan daftar pertanyaan atau kuisoner. Dan juga memakai data sekunder yang diperoleh dari instansi-instansi terkait dengan penelitian.Sampel pada penelitian ini adalah 5 orang anggota kelompok tani serta 5 sampel expert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat diterapkan berdasarkan matriks SWOT mendapatkan 4 alternatif strategi yaitu Strategi SO, Strategi ST, Strategi WO, dan Strategi WT. Pada matriks IE menjelaskan bahwa kelompok tani Taruna Jaya berada di kuadran I. Berdasarkan analisis QSPM didapatkan hasil Strategi SO yang dapat diterapkan pada Kelompok Tani Taruna Jaya yaitu Menerapkan pola tanam bergilir yang tepat dengan melakukan konsultasi dengan penyuluh pertanian untuk pemilihan jenis-jenis tanaman yang sesuai diterapkan agar lebih memprioritaskan semua tanaman yang ditanam sehingga hasilnya optimal guna menstabilkan dan meningkatkan pendapatan anggota kelompok tani.


 

Kata kunci : Analisis SWOT, Kelompok Tani, Prioritas Strategi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Devi Yanti Rizky
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 25-11-2022 17:57
Terakhir diubah : 03-02-2023 10:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3477
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!