STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN ANYAMAN LIDI NIPAH (STUDI KASUS: KELOMPOK BUNGONG CHIRIH) DI DESA MATANG GLEUM KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

Muhammad Aflan (2023), STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN ANYAMAN LIDI NIPAH (STUDI KASUS: KELOMPOK BUNGONG CHIRIH) DI DESA MATANG GLEUM KECAMATAN PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini yaitu Mengidentifikasi faktor Internal dan Eksternal pengembangan usaha Kerajinan Anyaman Lidi Nipah pada kelompok Bungong Chirih dan Menganalisis strategi pengembangan usaha Kerajinan Anyaman Lidi Nipah pada kelompok Bungong Chirih. Penelitian ini dilakukan di Desa Matang Gleum Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Metode yang digunakan yaitu studi kasus. Sampel pada penelitian ini yaitu pemilik usaha kelompok Bungong Chirih. Responden pada penelitian ini terdidri dari 5 orang tokoh kunci. Metode analisis yang digunakan yaitu SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha berdasarkan matriks SWOT mendapatkan 8 alternatif strategi yaitu terdapat dua Strategi SO, dua Strategi ST, dua Strategi WO, dan dua Strategi WT. Sedangkan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha kerajinan Anyaman Lidi Nipah pada Kelompok Bungong Chirih di Desa Matang Gleum Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur berdasarkan analisis QSPM didapatkan hasil Memanfaatkan kualitas produk yg sudah baik dan tetap memproduksi produk sesuai permintaan konsumen agar tetap mampu memimpin pasar serta memasuki pasar regional, Memaksimalkan media  internet sebagai media promosi dan sebagai media pemasaran agar produk dapat lebih dikenal dan dijangkau dengan luas.


 


 

Kata kunci : SWOT, Bungong Chirih, Strategi Pengembangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Aflan
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 25-11-2022 09:54
Terakhir diubah : 28-11-2022 12:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3473
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!