ANALISIS HASIL PELAKSANAAN PROGRAM ASESMEN NASIONAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) LITERASI DI SDN BLANG TUALANG

SUTRI SARAH (2023), ANALISIS HASIL PELAKSANAAN PROGRAM ASESMEN NASIONAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) LITERASI DI SDN BLANG TUALANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 


Satuan pendidikan yang ketersediaan buku kurang memadai, proses belajar mengajar yang kurang pembiasaan literasi dan minimnya infrastruktur TIK dan akses internet untuk menunjang kemampuan literasi. AKM Kelas Literasi berfungsi sebagai alat untuk memahami hasil belajar siswa secara individu. Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui Hasil Program Asesmen Nasional Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas Literasi di SDN Blang Tualang pada tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif, kemudian jenis penelitian yang digunakan adalah jenis analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, selanjutnya teknik analisis datanya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut, diantaranya pengadaan data, pengurangan (reduksi) data, inferensi, dan analisis. Hasil penelitian pada dokumen Soal, Jawaban dan Laporan Hasil Pelaksanaan Program Asesmen Nasional Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas Literasi ditemukan proses kognitif 1)menemukan, 2)memahami dan 3)mengevaluasi dan refleksi dengan indikator, 1) a. mengakses dan mencari serta menemukan informasi tersurat 2) a. memahami informasi tersurat dan tersirat b. menyimpulkan perasaan, sikap dan pesan tokoh c. mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks d. memahami informasi tersurat dan tersirat 3) a. mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks b. kesesuaian teks c. merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks terhadap pengentahuan yang dimiliki. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada sekolah agar lebih memperhatikan kualitas dan segala penunjang pembelajaran, kepada guru agar lebih memperhatikan dan mempertimbangkan memilih strategi dan model pembelajaran yang digunakan agar berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kepada siswa agar lebih banyak membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi dan meningkatkan nilai literasi yang akan berguna bagi kehidupan di masyarakat nantinya.

Kata kunci : AKM, Kelas Literasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SUTRI SARAH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 10-11-2022 12:59
Terakhir diubah : 22-11-2022 15:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3429
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!