SURVEI KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR DIMASA PANDEMI COVID-19

Khairum Maulia (2022), SURVEI KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR DIMASA PANDEMI COVID-19. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Virus Covid-19 merupakan sebuah virus yang penularannya sangat cepat hingga banyak negara-negara yang menetapkan status lockdown dan Akibat dari kebijakan tersebut banyak sektor yang lumpuh, Pendidikan anak di Sekolah Dasar adalah salah satu sektor yang sangat terdampak pada  pandemi ini Sampai saat ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan dasar dimasa pandemi Covid-19.


Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif.


Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi dimana instrumen peneliti menggunakan kuesioner skala likert. Sampel penelitian adalah orang tua di Desa Binjai, Kecamatan Seruway yang berjumlah 100 sampel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan dasar dimasa pandemi Covid-19 di Dusun Pasiran, Kecamatan Seruway berjalan dengan baik, dimana hasil ini dapat dilihat dari perolehan skor kepuasan rata-rata yaitu 79,22 dengan tingkat capaian responden sebanyak 79,25%. Hasil ini dapat dilihat dari data persentase jawaban orang tua pada kuesioner perolehannya sangat puas (SP) sebanyak 30%, puas (P) 59%, tidak puas (TP) 8,7%, dan sangat tidak puas (STP) 2,1%.


 Saran bagi orang tua harus senantiasa memberikan bimbingan kepada anak dan bagi peneliti selanjutnya agar memperdalam pengetahuan dan wawasan sedangkan bagi pembaca semoga bermanfaat dan dijadikan sebagai masukan untuk meningkatkan proses belajar anak.


 


 

Kata kunci : Kepuasan orang tua, PendidikanDasar, Pandemi Covid-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Khairum Maulia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 09-11-2022 16:51
Terakhir diubah : 10-11-2022 11:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3427
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!