PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENINGGALAN SEJARAH MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG ACEH KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 LANGSA

Niki Armita (2022), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENINGGALAN SEJARAH MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG ACEH KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pembelajaran sejarah selama ini masih banyak mengabaikan tentang sejarah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Media pembelajaran berbasis audio visual memiliki peran penting dalam proses pembelajaran baik tingkat SMA maupun perguruan tinggi negeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis peninggalan sejarah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dalam mata pelajaran sejarah materi Perang Aceh kelas XI IPS SMA Negeri 5 Langsa serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis peninggalan sejarah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dalam mata pelajaran sejarah materi Perang Aceh kelas XI IPS SMA Negeri 5 Langsa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengembangan ini dilakukan melalui 10 langkah – langkah pengembangan , yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produk massal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis peninggalan sejarah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh untuk peserta didik SMA Negeri 5 Langsa Kelas XI IPS. Berdasarkan beberapa tahap penilaian dari para ahli untuk melihat kelayakan produk media pembelajaran yang dibuat sebagai berikut: penilaian ahli materi pada validasi tahap pertama memproleh skor rata – rata 3,90, selanjutnya pada validasi tahap kedua oleh ahli materi memiliki hasil rata – rata 4,09. Penilaian ahli media pada validasi tahap pertama memproleh skor rata – rata 4,12, selanjutnya pada validasi tahap kedua oleh ahli media memiliki hasil rata – rata 4,12. Uji coba terhadap siswa dengan uji coba kelompok kecil tahap awal yaitu memiliki hasil rata – rata 3,23, selanjutnya uji coba kelompok sedang tahap lanjutan memiliki rata – rata 3,66, dan terakhir uji coba pemakaian secara luas atau dalam satu kelas yaitu memiliki rata – rata nilai 4,36.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Peninggalan Sejarah, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Niki Armita
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 03-11-2022 09:32
Terakhir diubah : 03-11-2022 14:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3415
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!