PENENTUAN FLAVONOID TOTAL EKSTRAK KASAR ETANOL DAUN RUKU-RUKU (OCIMUM TENUIFLORUM L.) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Tiara Aliqa (2023), PENENTUAN FLAVONOID TOTAL EKSTRAK KASAR ETANOL DAUN RUKU-RUKU (OCIMUM TENUIFLORUM L.) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Flavonoid  merupakan  salah  satu  golongan metabolit sekunder yang dihasilkan oleh tumbuhan berpotensi memiliki pengaruh terhadap aktivitas farmakologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar flavonoid total ekstrak kasar etanol daun ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.) dengan menggunakan metode spektrofotometri UV-Vis. Tahapan penelitian ini meliputi determinasi sampel, preparasi sampel, pembuatan ekstrak, skrining fitokimia dan penentuan kadar flavonoid total menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Penelitian ini menggunakan metode kolorimetri dan spekrofotometri dengan menggunakan kuersetin sebagai pembanding. Hasil penelitian membuktikan daun ruku-ruku mengandung metabolit sekunder yaitu alkaloid, flavonoid, steroid, tanin dan saponin. Serta didapatkan panjang gelombang maksimum kuersetin pada 440 nm dengan absorbansi sebesar 1,413. Penghitungan absorbansi setiap konsentrasi kuersetin dan sampel dengan menggunakan panjang gelombang maksimum 440 nm. Berdasarkan persamaan regresi linear didapatkan dari kurva standar kuersetin mendapatkan hasil kadar total flavonoid ekstrak kasar etanol daun ruku-ruku sebesar 39,373 ± 0,173 mgQE/g ekstrak.

Kata kunci : Flavonoid, Etanol, Kalorimetri, Ocimum tenuiflorum L, Spektrofotometri UV-Vis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tiara Aliqa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 01-11-2022 13:53
Terakhir diubah : 03-11-2022 14:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3413
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!