KAJIAN KESESUAIAN WISATA DAN DAYA DUKUNG KAWASAN WISATA PEMANDIAN ALAM TANGKAHAN TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER

Susi wanda sari (2022), KAJIAN KESESUAIAN WISATA DAN DAYA DUKUNG KAWASAN WISATA PEMANDIAN ALAM TANGKAHAN TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian wisata dan daya dukung kawasan wisata Pemandian Alam Tangkahan Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan salah satu wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, yang dimulai pada bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2022.


Penelitian ini menggunakan metode survey dengan analisis skoring berdasarkan observasi lapangan. Penentuan sampel dilakukan secara “purposive sampling” yaitu penentuan lokasi atau titik sampel yang dipilih secara langsung atau sengaja dengan alasan pada lokasi tersebut berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan di lapangan, berupa data : kecepatan arus, kedalaman perairan, debit sungai, material dasar perairan, kecerahan perairan, temperatur, DO, pH, dan total coliform. Hasil wawancara dengan pihak pengelola dan pengunjung objek wisata.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Kesesuaian Wisata Pemandian Alam Tangkahan Taman Nasional Gunung Leuser berdasarkan parameter fisika, kimia, dan biologi perairan termasuk kedalam kategori Sangat Sesuai (SI) sebagai area wisata rekreasi dengan nilai indeks kesesuaian objek wisata 83,65%. Berdasarkan hasil perhitungan Daya Dukung Kawasan Pemandian Alam Tangkahan masih dapat menampung jumlah wisatawan yang datang dan jumlah pengunjung belum melebihi daya dukung yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa Lokasi objek wisata Pemandian Alam Tangkahan Taman Nasional Gunung Leuser termasuk ke dalam kategori berpotensi untuk dikembangkan menjadi lokasi rekreasi wisata di karenakan hasil indeks kesesuaian menunjukkan angka 83,65% yang berarti ini dapat diartikan sangat sesuai dan di rekomdasikan untuk menjadi lokasi rekreasi wisata.

Kata kunci : Kesesuaian Wisata, Daya Dukung Kawasan Wisata Pemandian, Taman Nasional Gunung Leuser

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Susi wanda sari
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 31-10-2022 14:05
Terakhir diubah : 27-03-2023 11:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3411
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!