PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 054937 ALUR REJO TA 2021/2022

Elsa Ayu Windari (2023), PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 054937 ALUR REJO TA 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hasil belajar adalah keberhasilan yang dicapai siswa setelah melaksanakan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran masih terdapat kendala yang ditemukan baik dari guru maupun siswa. Adapun kendala yang ditemukan seperti pendekatan yang diterapkan guru belum sesuai dengan materi pembelajaran khususnya pada materi bangun datar, sehingga siswa tidak paham serta mudah lupa mengenai materi pembelajaran dan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada materi bangun datar di kelas IV SDN 054937 Alur Rejo. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata berupa siklus. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang di ambil dalam penelitian berbentuk observasi dan tes tertulis yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa serta hasil belajar pada materi bangun datar dengan menerapkan pendekatan matematika realisitik. Hasil yang ditemukan dalam penelitian dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada materi bangun datar menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Rata – rata hasil belajar siswa setelah melakukan tindakan yaitu pada siklus 1 diperoleh rata – rata 73,33, siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 81,11 dan siklus 3 meningkat kembali yaitu 87,13.Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Hasil Belajar, Matematika, Realistik

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Elsa Ayu Windari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 26-10-2022 18:07
Terakhir diubah : 19-11-2022 13:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3400
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!