ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA MELALUI PERBANDINGAN PENERAPAN REAL LABORATORY DAN VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Eliana (2023), ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA MELALUI PERBANDINGAN PENERAPAN REAL LABORATORY DAN VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI TITRASI ASAM BASA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kimia merupakan pembelajaran yang berlandasan pada konsep abstrak sehingga sulit untuk dimengerti oleh peserta didik, terutama ketika peserta didik diminta untuk memahami sesuatu tanpa melihat langsung apa yang terjadi. Fenomena yang ada pada pembelajaran kimia ini menunjukkan bahwa mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan multirepresentasi siswa pada indikator makroskopik, submikroskopik dan simbolik serta berapa persen perbedaan kemampuan multirepresentasi siswa dengan menerapkan real laboratory dan virtual laboratory pada materi titrasi asam basa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu siswa kelas XI IPA sebanyak 28 orang dengan melakukan dua eksperimen yaitu real laboratory dan virtual laboratory. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan jenis one-shot case study design. Teknik pengumpulan data menggunakan sebanyak 5 soal tes berbentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan multirepresentasi siswa pada materi titrasi asam basa untuk kelas real laboratory jumlah persentase pada level makroskopik sebesar 66% dengan kategori baik, pada level submikroskopik sebesar 60% dengan kategori cukup, dan pada level simbolik sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Jumlah persentase kemampuan multirepresentasi siswa di kelas virtual laboratory pada level makroskopik sebesar 81% dengan kategori sangat baik, pada level submikroskopik sebesar 80% dengan kategori baik, dan pada level simbolik sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Didapatkan jumlah nilai persen perbedaan kemampuan multirepresentasi siswa antara real laboratory dan virtual laboratory pada materi titrasi asam basa yaitu sebesar 14%.


 


 

Kata kunci : Kemampuan Multirepresentasi, Real Laboratory, Virtual Laboratory, Titrasi Asam Basa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Eliana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 26-10-2022 15:47
Terakhir diubah : 12-01-2024 10:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3399
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!