PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN DONAT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BERBASIS WEBSITE (WEB) (STUDI KASUS: UD. BRANDAN DONUTS)

Sri Handayani (2022), PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN DONAT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BERBASIS WEBSITE (WEB) (STUDI KASUS: UD. BRANDAN DONUTS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UD Brandan Donuts merupakan usaha yang bergerak dalam bidang kuliner terutama cemilan enak dan sehat yaitu donat. UD Brandan Donuts didirikan oleh Jumardani, pada tanggal 1 September pada tahun 2015, di Jalan Sisingamangaraja, Simpang Limun, Kota Medan. Permasalahan pada UD Brandan Donuts adalah sistem pemesanan dan pemasarannya masih mengandalkan media interaksi secara langsung dengan konsumen (pembeli) tentunya menyulitkan pihak manajemen untuk meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian membangun sistem informasi pemesanan dengan metode data flow diagram (DFD) dan mengaplikasikan desain sistem informasi pemesanan pada UD Brandan Donuts secara online berbasis website (WEB). Penelitian menggunakan metode data flow diagram (DFD) untuk merancang aliran sistem dan menggunakan implementasi program software, Xampp dalam merancang website (WEB). Hasil pada perancangan website terdapat 2 level yang akan berjalan dalam pemesanan donat secara online yaitu Level 1 terdiri dari proses login pembeli, pemesanan, delivery, login admin, laporan keuangan. Dan level 2 terdiri dari proses daftar akun pembeli, login, pilih produk donat, pengisian data pesanan, pilih jenis transaksi, pembayaran, konfirmasi pemesanan selesai, jadwal pengiriman, konfirmasi pesanan sampai, input kategori donat, input stok donat, konfirmasi data pesanan, konfirmasi pembayaran, promosi, pengolahan laporan harian, pengolahan laporan bulanan, dan pengolahan laporan tahunan. Kesimpulan dalam penelitian adalah rancangan konteks diagram terdapat 6 entitas dan untuk rancangan data flow diagram (DFD) memiliki level 2.17 dan sebanyak 22 flowchart. Dan menghasilkan website (WEB) yang menampilkan halaman admin, halaman pembeli dan halaman kurir untuk memudahkan konsumen (pembeli) dalam pemesanan secara online.

Kata kunci : Sistem informasi pemesanan, DFD, WEB

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Handayani
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2022)
Tanggal disimpan : 26-10-2022 11:58
Terakhir diubah : 04-01-2023 13:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3398
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!