PENGGUNAAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KEBUN LAMA TAHUN AJARAN 2021/2022

Mila Darfini (2023), PENGGUNAAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KEBUN LAMA TAHUN AJARAN 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa di kelas. Terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam mengucapkan kalimat, karena siswa kesulitan merangkai huruf yang berkaitan dengan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 1 Kebun Lama dengan menggunakan metode struktur analitik sintetik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini siswa kelas II SD Negeri 1 Kebun Lama berjumlah 16 siswa.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa meningkat dibuktikan pada perolehan nilai KBM (ketuntasan belajar minimum) pada siklus I sebesar 37,5%  dengan rata-rata 64,06. Pada siklus II menjadi 75% dengan rata-rata 69,06. Dan siklus III meningkat menjadi 87,5%  dengan rata-rata 75,31. Ini memperlihatkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa telah mencapai indikator keberhasilan. Dari penjelasan diatas saran pada penelitian ini adalah metode struktur analitik sintetik menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan kemampuan guru untuk menggunakan metode pembelajaran agar menciptakan pembelajaran lebih menarik untuk siswa.

Kata kunci : Metode struktur analitik sintetik, membaca permulaan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mila Darfini
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 25-10-2022 19:33
Terakhir diubah : 19-11-2022 10:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3396
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!