UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 057234 TEPIAN MERAWAN

Remi Yanti Lubis (2023), UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 057234 TEPIAN MERAWAN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan menulis narasi siswa, yang disebabkan berbagai faktor seperti, kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran/tidak bervariasi, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide pokok atau gagasannya, ejaan dalam penulisan huruf kafital, tanda baca dan membedakan kata depan dengan kata berimbuhan, banyak siswa yang belum mampu mengorganisasikan tulisan yang bermakna, siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SD Negeri 057234 Tepian Merawan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, model yang digunakan yaitu model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 057234 Tepian Merawan dengan jumlah 27 siswa. Instrument yang digunakan yaitu RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan kisi-kisi penilaian keterampilan menulis narasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan menulis narasi siswa memenuhi KKM pada siklus I hanya 40,74% dengan nilai rata-rata 71,76%. Selanjutnya disiklus II meningkat keterampilan menulis narasi siswa yang memenuhi KKM menjadi 77,78% dengan nilai rata-rata 80,56%. Selanjutnya kembali meningkat disiklus III keterampilan menulis narasi siswa yang memenuhi KKM menjadi 96,3% dengan nilai rata-rata 89,51%. Dari pemaparan tersebut disarankan kepada kepala sekolah supaya dengan rendah hati memberikan bimbingan kepada setiap guru, untuk guru dapat menggunakan berbagai model pembelajaran salah satunya model CTL, untuk siswa yang masih kesulitan dalam proses pembelajaran khususnya dalam keterampilan menulis narasi hendaknya lebih memperbanyak latihan menulis setiap hari, untuk peneliti selanjutnya bisa digunakan sebagai referensi, perbandingan serta landasan pengembangan penelitian lebih lanjut.

Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Keterampilan Menulis Narasi.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Remi Yanti Lubis
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 25-10-2022 12:54
Terakhir diubah : 19-11-2022 09:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3394
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!