PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBUN LAMA

Cilvia Meinita (2023), PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBUN LAMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebun lama. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode probem solving. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebun Lama pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebun Lama. Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I ini nilai yang tuntas sesuai KBM sebanyak 9 orang siswa atau 45% dan nilai rata-rata yang diperoleh 66,5. Sedangkan pada siklus II nilai yang tuntas sebanyak 13 orang siswa atau 65% dan nilai rata-rata yang diperoleh 72,5 dan pada siklus III nilai yang tuntas sebanyak 18 orang siswa atau 90% dan nilai rata-rata yang diperoleh 81,75. Afektif siswa siklus I sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 100% dengan nilai rata-rata 28,3. Kemudian begitu pula di siklus II dengan nilai rata-rata 28,75 dan III masih sama 100% dengan nilai rata-rata 29,45. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya siswa dengan interpretasi sangat baik. Psikomotorik siswa siklus I ketuntasannya mencapai 75% (15 siswa) dengan rata- rata 2,95. Siklus II kembali meningkat menjadi 90% (18 siswa) dengan rata-rata 3,2. Selanjutnya siklus III kembali meningkat menjadi 95% (19 siswa) dengan rata-rata 3,55 hal ini menunjukkan psikomotorik siswa telah mencapai indikator keberhasilan. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar terutama dalam mata pelajaran matematika dapat menggunakan metode problem solving sebagai alternatif pembelajaran terutama dalam menyelesaikan soal cerita.

Kata kunci : Hasil Belajar, Matematika dan Metode Problem Solving

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cilvia Meinita
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 25-10-2022 12:50
Terakhir diubah : 19-11-2022 09:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3393
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!