PERAN MANAJEMEN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH( BPBD) DALAM PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN LAHAN KOTA LANGSA

Lia Muliana (2022), PERAN MANAJEMEN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH( BPBD) DALAM PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN LAHAN KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

LIA MULIANA. NIM. 160405033. Peran Manajemen Badan Penanggulangan Bencana Daerah( BPBD) Dalam Penanggulangan Bencana Kebakaran Lahan Kota Langsa. Skripsi. Langsa: Jurusan Ilmu Pengetahuan IPS, Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNSAM. 2021.


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Manajemen Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam penanggulangan bencana kebakaran lahan di Kota Langsa.


Penelitian ini dilakukan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa. Subjek Penelitian terdiri dari informan. 1) Informan utama 2) Informan Kunci 3)  Informan Pendukung. Hasil wawancara dilakukan kepada petugas BPBD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Dengan teknik analisis Kualitatif Deskriptif.


            Hasil penelitian Peran Manajemen Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Langsa adalah  sebagai koordinator yang mengkoordinir prosesnya pada saat pra bencana dengan menyiapkan personil, menyiapkan peta rawan bencana, menyiapkan perlengkapan, menyiapkan pos komando, menyiapkan rencana kontijensi, dan melakukan peringatan dini sehingga dapat mengetahui potensi bencana dan dapat meminimalisir adanya korban jiwa maupun kerugian harta benda. Kedua pada saat bencana BPBD membantu pertolongan, penyelamatan, pemberian hunian sementara, pemenuhan kebutuhan dasar, dan pelayanan keseshatan maka dituntut sarana prasarana yang memadai setelah terjadinya ketiga yaitu pasca bencana dimana tahap ini adalah setelah bencana. tahap pemulihan dan rehabilitasi rekontruksi, tahap ini adalah tahap pemulihan setelah terjadi bencana kondisi lingkungan yang terkena dampak bencana.


 


 

Kata kunci : Managemen Badan Penanggulang Bencana Daerah Kebakaran Lahan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lia Muliana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2022)
Tanggal disimpan : 20-10-2022 16:08
Terakhir diubah : 05-12-2022 11:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3379
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!