PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PELESTARIAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DI DESA SIDODADI

Santa Sagala (2023), PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PELESTARIAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DI DESA SIDODADI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Desa Sidodadi merupakan salah satu titik daerah aliran sungai di Kota Langsa. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2012, pemerintah bertanggung jawab mengatur pengelolaan daerah aliran sungai. Walau demikian partisipasi masyarakat memiliki peran penting dalam pengelolaan daerah aliran sungai karena masyarakat merupakan garda terdepan dalam menjaga kelestarian daerah aliran sungai. Penelitian ini bertujuan menganalisis partisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian daerah aliran sungai menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada informan yaitu masyarakat Desa Sidodadi dan observasi langsung ke lapangan. Kemudian data dianalisis secara kualitatif menggunakan Teori Arnstein dan Holbey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat yaitu tergolong dalam tipe partisipasi pasif.
Peran pemerintah yang masih top-down mengakibatkan masyarakat terbatas ruang gerak dalam penyampaian aspirasi. Komunikasi masih bersifat satu arah sehingga perwujudan kelestarian daerah aliran sungai dilakukan masyarakat masih terbatas. Tidak adanya upaya pemerintah untuk meningkatkan peran masyarakat dalam upaya pelestarian daerah aliran sungai di Desa Sidodadi seperti mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan bergabung bersama komunitas berbasis lingkungan, melakukan penghijauan, membuat sanksi yang tegas mengakibatkan terjadinya pencemaran sungai di Desa Sidodadi dan fenomena alam seperti banjir dan longsor melalui aktivitas-aktivitas masyarakat di kawasan daerah aliran sungai.

Kata kunci : Daerah aliran sungai, partisipasi masyarakat, pelestarian

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Santa Sagala
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 19-10-2022 09:18
Terakhir diubah : 16-05-2023 10:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3367
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!