PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MENGGUNAKA MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA

Nurul Annisa (2022), PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MENGGUNAKA MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran dapat membantu siswa yang kesulitan memahami suatu materi pembelajaran, dengan menggunakan Model pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran. Oleh karena itu, maka perlu adanya model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menggunakan Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dalam mata pelajaran Matematika. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus dengan subjek penelitian sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan serta kolaborasi dengan 1 guru kelas dan 1 teman sejawat. Tujuan penelitian Tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran STEAM. Hasil penelitian pertama yaitu perbaikan atau peningkatan kualitas praktik pembelajaran pada siklus I sebesar 77,06%, siklus II sebesar 92,19%, dan siklus III sebesar 95,83% dengan rata-rata 88,36% artinya perbaikan atau peningkatan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan berhasil. Kedua, ketuntasan hasil belajar kognitif, pada siklus I sebesar 62,5%, siklus II sebesar 79,31%, dan siklus III sebesar 87,5% dengan rata-rata 76,43% artinya terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa. Ketiga, ketuntasan hasil belajar afektif, pada siklus I sebesar 83,33%, siklus II sebesar 86,20%, dan siklus III sebesar 95,83% dengan rata-rata 88,45% artinya ketuntasan hasil belajar afektif terus menerus meningkat. Keempat, ketuntasan hasil belajar psikomotor, pada siklus I sebesar 91,66%, siklus II sebesar 93,10%, dan siklus III sebesar 95,83% dengan rata-rata 93,53% artinya terjadi peningkatan hasil belajar psikomotor yang bermakna. Penelitian Tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang menggunakan model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineerring, Art, Mathematics) dapat memperbaiki serta meningkatkan hasil belajar dan kualitas pembelajaran. Saran dengan adanya penelitian ini pembaca dapat terdorong memperbaiki kualitas proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.

Kata kunci : Hasil Belajar, Matematika, Jaring-jaring bangun ruang, STEAM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurul Annisa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 13-10-2022 10:50
Terakhir diubah : 03-11-2022 17:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3352
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!