PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGAN DI SMPN 7 LANGSA

Tri yuliani (2022), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGAN DI SMPN 7 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi interaksi makhluk hidup terhadap lingkungan di SMPN 7 Langsa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen dengan bentuk pre-experimental design dan jenis one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan nilai persentase keterampilan proses sains tertinggi pada indikator observasi/mengamati yaitu memperoleh nilai 78,95% dengan kategori “baik”. Nilai rata-rata pada indikator keterampilan proses sains dari keseluruhan indikator yaitu 66,73% dengan kategori “cukup”. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa nilai keterampilan proses sains dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi interaksi makhluk hidup terhadap lingkungan kelas VII-2 di SMPN 7 Langsa memperoleh nilai rata-rata 63,17% dengan kategori “cukup”. 


 


 

Kata kunci : Keterampilan proses sains, materi interaksi makhluk hidup terhadap lingkungan, Model pembelajaran inkuiri terbimbing

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tri yuliani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 02-10-2022 22:02
Terakhir diubah : 09-12-2022 15:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3321
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!