RANCANG BANGUN DAN UNJUK KERJA PEMBANGKIT LISTRIK MICROHYDRO (PLTMH) TIPE TURBIN VORTEX SKALA LABORATORIUM BERBAHAN MATERIAL KOMPOSIT FIBERGLASS

Aldi Leonardo Tarigan (2022), RANCANG BANGUN DAN UNJUK KERJA PEMBANGKIT LISTRIK MICROHYDRO (PLTMH) TIPE TURBIN VORTEX SKALA LABORATORIUM BERBAHAN MATERIAL KOMPOSIT FIBERGLASS . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Turbin Vortex adalah pembangkit listrik mikrohidro, Turbin Vortex merupakan salah satu mesin konversi energi yang memanfaatkan aliran air yang berbentuk pusaran dan ketinggian alirannya untuk memutar turbin sehinga putaran pada turbin diterusakan ke generator sehingga menghasilkan arus listrik. Pembuatan turbin vortex ini menggunakan material komposit untuk sudu turbinnya, banyak sudu pada trubin berjumlah 8 bilah. Pembuatan turbin vortex ini bertujuan untuk alternatif memenuhi kebutuhan arus listrik yang tidak terjangkau jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk mengetahui daya yang dihasilkan dilakukan penganalisaan pada debit air, kecepatan putar turbin, generator, torsi, variasi ketingian air, dan variasi jarak antara permukaan bawah sudu dengan lubang outlet air pada rumah turbin. Hasil penelitian yang efektif yaitu pengujian dengan jarak permukaan bawah sudu dengan lubang outlet air 7 cm, ketinggian air pada bak penampungan 54 cm didapatkan hasil putaran turbin 171 Rpm, Torsi 646,4 Nmm, Daya 11,57 Watt, Tegangan  21, 49 Volt, Debit air 90,7 L/s dan Efesiensi sebesar 32%.


 

Kata kunci : Turbin vortex, Material komposit, pusaran air, head air dan generator.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Aldi Leonardo Tarigan
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2022)
Tanggal disimpan : 23-09-2022 15:54
Terakhir diubah : 25-01-2023 11:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3312
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!