PENERAPAN METODE GEOGRAPHICALLY WEIGHTED REGRESSION (GWR) PADA KASUS PNEUMONIA BALITA DI KABUPATEN ACEH TAMIANG, KOTA LANGSA, DAN KABUPATEN ACEH TIMUR

Ray Milenia (2022), PENERAPAN METODE GEOGRAPHICALLY WEIGHTED REGRESSION (GWR) PADA KASUS PNEUMONIA BALITA DI KABUPATEN ACEH TAMIANG, KOTA LANGSA, DAN KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pneumonia merupakan pembunuh utama balita di dunia. Pneumonia adalah bentuk parah dari infeksi saluran pernapasan akut bagian bawah yang secara khusus mempengaruhi paru dengan keadaan alveoli pada salah satu atau kedua paru-paru terisi oleh cairan yang menyebabkan terganggunya pertukaran oksigen sehingga membuat sulit bernapas. Gejala yang dialami oleh balita penderita pneumonia yaitu sesak nafas atau nafas cepat disertai flu dan batuk. Pada penelitian ini terdapat variabel bebas yaitu balita usia kurang dari 1 tahun (X_1), balita jenis kelamin laki-laki (X_2), balita dengan gizi sedang (X_3), balita tidak diberi vitamin A (X_4) dan variabel terikat yaitu jumlah balita penderita pneumonia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Geographically Weighted Regression (GWR). Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kasus pneumonia balita tahun 2020 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Dinas Kesehatan Kota Langsa dan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil dari penerapan model GWR pada kasus pneumonia balita serta untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah kasus pneumonia balita di Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa, dan Kabupaten Aceh Timur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model GWR merupakan model terbaik untuk memodelkan kasus pneumonia balita dibandingkan regresi linier berganda dengan nilai R^2 GWR yaitu 0.993362 dan nilai AIC GWR yaitu 69.074801. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah balita penderita pneumonia yaitu faktor balita berjenis kelamin laki-laki (X_2) dan balita yang tidak diberi Vitamin A (X_4).

Kata kunci : Pneumonia, Balita, Faktor Pneumonia, Geographically Weighted Regression (GWR), Regresi Linier Berganda.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ray Milenia
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 20-09-2022 15:35
Terakhir diubah : 11-01-2023 10:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3302
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!