APLIKASI MOLUSKISIDA DARI EKSTRAK ETANOL BIJI PINANG MUDA (ARECA CATECHU L.) TERHADAP HAMA KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.)

ASRI MAULANA (2022), APLIKASI MOLUSKISIDA DARI EKSTRAK ETANOL BIJI PINANG MUDA (ARECA CATECHU L.) TERHADAP HAMA KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tanaman padi merupakan salah satu komoditas pangan bagi Indonesia. Pada Tahun 2020 produksi padi Aceh Tamiang mengalami penurunan sebesar 3.905,62 ton (5,50%) dibanding tahun sebelumnya yang disebabkan karena kekurangan air, penyakit blas, serangan hama tikus dan keong mas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi moluskisida dari ekstrak etanol biji pinang muda terhadap hama keong mas pada tanaman padi di area persawahan dan mengetahui nilai konsentrasi yang efektif. Penelitian ini dilakukan pada Desember 2021 sampai Maret 2022 di Desa Paya Udang Kabupaten Aceh Tamiang. Ekstrak etanol pada biji pinang muda (Arecha catechu L.) diperoleh dengan menggunakan metode maserasi. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Analisis dilakukan dengan menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi moluskisida dari ekstrak etanol biji pinang muda berpengaruh terhadap peningkatan mortalitas hama keong mas dan intensitas kerusakan tanaman padi. Ekstrak etanol biji pinang muda dengan konsentrasi 30% telah efektif karena memilki nilai mortalitas lebih dari 50% dan mampu meningkatkan persentase kematian keong mas sebesar 100% dengan LC30 = 21,615%, LC50 = 27,083%, dan nilai probit sebesar 0,610. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak etanol biji pinang muda maka kerusakan tanaman padi menurun dan mortalitas keong mas meningkat.

Kata kunci : keong mas, moluskisida, pinang muda, tanaman padi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ASRI MAULANA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 20-09-2022 15:10
Terakhir diubah : 20-09-2022 05:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3300
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!