PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENYELESAIKAN TUGAS KELOMPOK DI RUMAH DAN KELAS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Trisnawati (2014), PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENYELESAIKAN TUGAS KELOMPOK DI RUMAH DAN KELAS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kegiatan belajar adalah suatu rangkaian pengajaran dimana guru sangat mengharapkan hasil yang baik untuk dicapai dalam mengingkatkan prestasi belajar siswa, maka pada setiap akhir pengajaran guru diharuskan untuk memberikan tugas kepada siswa untuk diselesaikan diluar jam  pengajaran atau dirumah untuk lebih memahami materi yang baru dipelajari di sekolahPemberian tugas rumah adalah suatu metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar dan mempunyai tujuan dan fungsi yang tersendiri dengan kegiatan melaksanakan tugas siswa aktif belajar dan merasa terangsang untuk meningkatkan belajar yang lebih baik, memupuk inisiatif dan berani bertanggung jawab sendiri, banyak  tugas – tugas yang harus dikerjakan siswa. Pada umumnya cara guru dalam menentukan kecepatan menyajikan dan tingkat kesukaran materi kepada siswanya berdasarkan pada informasi kemampuan siswa secara umum. Agar pembelajaran tidak didominasi oleh guru maka metode pembelajaran yang lain bisa kita coba. Pembelajaran kelompok dapat kita jadikan alternatif untuk mendapatkan proses dan hasil pembelajaran yang lebih baik. 


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbandingan hasil belajar siswa dengan menyelesaikan tugas kelompok dirumah dan tugas kelompok di kelas pada materi keaneka ragaman hayati kelas X di SMA Negeri 5 langsa tahun pelajaran 2012/2013.  Untuk mengetahui berapa besar perbandingan hasil belajar siswa dengan menyelesaikan tugas kelompok di rumah dan kelas pada materi keaneka ragaman hayati di kelas X di SMA Negeri 5 langsa tahun pelajaran 2012/2013.


Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Quasi eksperimen yang melibatkan proses belajar siswa. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Langsa yang berjumlah 320 orang. Pengambilan sampel sebanyak 2 kelas yaitu  X.4 dan X.5. Sampel sebanyak 62 orang.


Hasil penelitian adalah ada perbandingan hasil belajar siswa dengan menyelesaikan tugas kelompok di rumah dan di kelas pada materi keaneka ragaman hayati kelas X di SMA Negeri 5 langsa tahun pelajaran 2012/2013 dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menyelesaikan tugas kelompok di rumah lebih besar dari kelompok siswa yang belajar dikelas. Nilai rata-rata pada pretes sebesar 2.45 dan Nilai rata-rata pada saat postes 8.58. Maka diperloeh selisih perbandingan kedua kelompok sebsar 6,13. Maka diperloeh selisih perbandingan kedua kelompok sebsar 6,13. Besar perbandingan hasil belajar siswa yang menyelesaikan tugas kelompok di rumah dan di kelas pada materi keaneka ragaman hayati kelas X di SMA Negeri 5 langsa tahun pelajaran 2012/2013 berdasarkan pengujian hipotesis sebesar 4,68.


Disarankan kepada guru agar menggunakan pembelajaran kelompok  pada dan dapat mengembangkan potensi guru dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Langsa  hendaknya guru menggunakan yang lebih terarah dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Kepada peneliti yang akan datang diharapkan dengan menggunakan metode dan alat pembelajaran yang bervariasi dan dilakukan dalam waktu yang lebih lama sehingga akan memperoleh hasil yang lebih baik

Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Tugas Kelompok, SMA Negeri 5 Langsa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Trisnawati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2014)
Tanggal disimpan : 19-09-2022 10:06
Terakhir diubah : 21-09-2022 01:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2014
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3290
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!