PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPEL NON EXAMPEL MELALUI DISKUSI KELAS DAN DISKUSI KELOMPOK DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Sitra Ramahwati (2014), PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPEL NON EXAMPEL MELALUI DISKUSI KELAS DAN DISKUSI KELOMPOK DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Berdasarkan hasil observasi dengan guru biologi ditemukan beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas. Pertama, kebanyakan siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena kebanyakan guru menerapkan metode ceramah. Kedua, metode pembelajaran monoton dan teacher centered atau lebih berpusat pada guru menimbulkan siswa bosan. Ketiga, rendahnya motivas dan minat belajar siswa dalam pembelajaran karena anggapan siswa materi biologi banyak menulis, menghafal dan menyebabkan pembelajaran di kelas belum optimal. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai akan sangat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Penerapan strategi examples non-examples dapat mendorong siswa untuk lebih berperan aktif, minat dalam pembelajaran, termotivasi untuk belajar biologi. Adapun keunggulan model pembelajaran Exampel Non Exampel ini yaitu siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar dan siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. 


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusiadengan menggunakan pembelajaran Exampel Non Exampel melalui diskusi kelas dan diskusi kelompok. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusiadengan menggunakan pembelajaran Exampel Non Exampel . Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia dengan model pembelajaran Exampel Non Exampel melalui diskusi kelas dan diskusi kelompok. 


Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah sebanyak 119 siswa. Sampel adalah seluruh siswa / siswi kelas XI IPA3 – XI IPA4 SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang.


Kesimpulan dalam penelitian adanya perbandingan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia dengan menggunakan pembelajaran example non example melalui diskusi kelas dan diskusi kelompok. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia dengan menggunakan pembelajaran exampel non exampel. Di kelas XI IPA3 lebih baik dibandingkam dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran Exampel Non Exampel melaui diskusi kelompok pada XI IPA4 pada materi pencernaan makanan manusia di SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2012/2013. Serta dapat membantu siswa agar lebih aktif dalamproses belajar mengajar. 


Disarankan kepada guru biologi dalam memberikan materi menggunakan model pembelajaran Exampel Non Exampel melaui diskusi kelas agar diperoleh prestasi belajar yang lebih baik. Guru hendaknya selalu berusaha menggunakan berbagai metode yang bervariasi pada proses belajar mengajar agar timbul semangat siswa untuk belajar. Diharapkan kepada pembaca untuk dapat memberikan saran demi perbaikan penulisan dimasa yang akan datang.

Kata kunci : Perbandingan, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan, SMA Negeri 5 Langsa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sitra Ramahwati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2014)
Tanggal disimpan : 19-09-2022 10:00
Terakhir diubah : 20-09-2022 22:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2014
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3289
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!