ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGEMBANGAN SEKTOR POTENSIAL DI KABUPATEN ACEH TAMIANG

Frandy Baihaqi (2022), ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGEMBANGAN SEKTOR POTENSIAL DI KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pertumbuhan ekonomi dan pengembangan sektor potensial di Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data Produk Domestik Regional Bruto
(PDRB) Atas Dasar Harga Konstan. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu penelitian kepustakaan (Library Reasearch) denan cara mengumpulkan data-data dengan membaca buku, artikel, jurnal, literature dan lainnya. selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan Teknik Analisis Location Quotients (LQ), Teknik Analisis Shift Share, dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sektor unggulan Kabupaten Aceh Tamiang adalah pertanian, kehutanan dan perikanan serta sektor pertambangan dan penggalian dengan LQ rata-rata sejak tahun 2011-2020 masing-masing sebesar 1,421 (LQ > 1).  Berdasarkan analisis shift share dijelaskan bahwa sektor yang paling tinggi memberikan peningkatan terhadap PDRB Aceh di Kabupaten Aceh Tamiang adalah sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yaitu sebesar 718.672,29.

Kata kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Sektor Potensial

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Frandy Baihaqi
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2022)
Tanggal disimpan : 19-09-2022 09:35
Terakhir diubah : 19-09-2022 02:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3288
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!