PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK XIAOMI YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAMUDRA

RAHMAD HIDAYAT (2022), PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK XIAOMI YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAMUDRA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi terhada keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi yang dimediasi word of mouth pada mahasiswa Universitas Samudra. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden yang merupakan konsumen pengguna smartphone Xiaomi. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis), uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan Y1 = 17,854 + 0,683X dan Y2 = 4,861 + 0,248X + 0,568Y1. Hasil uji t menyatakan strategi promosi melalui media sosial secara langsung berpengaruh kepada word of mouth, faktor strategi
promosi melalui media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, faktor word of mouth secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan nilai t hitung uji sobel 18,3277 > t tabel 1,66088 dengan koefisien mediasi 0,053957, maka dapat disimpulkan bahwa Strategi promosi melalui media sosial secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi yang dimediasi word of mouth. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) 1 diperoleh nilai 0,601 atau sebesar 60,1% faktor strategi promosi mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian sebesar 60,1% yang dimediasi oleh word of mouth dan hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) 2 diperoleh nilai 0,606 atau sebesar 60,6% faktor word of mouth mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian sebesar 60,6%.

Kata kunci : Strategi Promosi, Media Sosial, Keputusan Pembelian, Word of Mouth

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RAHMAD HIDAYAT
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2022)
Tanggal disimpan : 13-09-2022 09:00
Terakhir diubah : 13-09-2022 10:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3263
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!